Karakteristik Spread Spectrum System

Karakteristik Spread Spectrum System



Mungkin saja ada di antara kita yang belum tahu apakah itu spread spectrum. Walau sebenarnya spread spectrum telah diterapkan pada system komunikasi militer serta radar. Spread spectrum diambil lantaran memiliki sebagian kelebihan dibanding dengan yang lain.


Spread spectrum yaitu satu cara komunikasi di mana tanda komunikasi disebar di semua spektrum frekwensi yang ada. Supaya tanda bisa diterapkan pada spread spektrum, jadi tanda transmsi mesti lebih kecil dari pada tanda termodulasi.

Sebagian keunggulan dari spread spectrum diantaranya :

Susah untuk dideteksi. Lantaran waktu ditransmisikan tanda bakal terlihat bercampur dengan noise, hingga info dalam tanda itu bakal susah untuk dibaca
Susah untuk di sadap. Lantaran di spread spectrum memakai kode-kode teretentu yang dipakai waktu transmisi. Hingga yang bisa tahu kode-kode itu yaitu receiver ataupun transmitter yang dikehendaki saja. Pada sistem transmsi ada satu sistem yang diberi nama scramble. Scramble yaitu satu sistem merubah tanda yang bakal ditransmisikan jadi kode pseude code. Lalu di receiver juga ada satu sistem yang diberi nama discramble. Discramble yaitu sistem merubah kode pseude code jadi tanda asli waktu bakal ditransmisikan, hingga receiver bisa membaca data yang diantar oleh receiver
Bisa dipakai kian lebih satu user. Lantaran memakai salah datu tehnik multipleksing, yakni CDMA (Code Division Multiple Access)
Bisa diterapkan pada komunikasi militer serta radar

Namum spread spectrum juga memliliki sebagian kekurangan, diantaranya :

Memerlukan peralatan-peralatan yang kompleks
Memerlukan bandwidth yang lebar
Memerlukan cost yang besar untuk dikembangkan

Bicara tentang spread spectrum, juga tak terlepas dari arti time hopping. Time hopping yaitu satu sistem transmisi pulsa pendek dengan cara acak menurut input periode bit yang ada. Time hopping memiliki keunggulan di antara lain :

Tingkat efisiensi yang tinggi dalam pemakaian bandwidth
Implementasi lebih simpel dibanding dengan frekwensi time hopping
Bermanfaat pada sistem transmisi pada level power rata-rata

Sedang kekurangan dari time hopping yaitu :

Memerlukan error correction
Membutuhkan saat akuisisi yang lama

0 Response to "Karakteristik Spread Spectrum System"

Posting Komentar

wdcfawqafwef